Peduli Lingkungan, Ivan Kuntara Berikan Ini ke Warga Desa di Purwakarta

Ivan Kuntara bagikan bibit buah premium kepada warga Kampung Ciputat Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari Purwakarta
Ivan Kuntara bagikan bibit buah premium kepada warga Kampung Ciputat Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari Purwakarta (Foto: Ist)

PurwakartaUpdate.com – Pemberian bibit tanaman sebagai bagian dari upaya kepedulian lingkungan, dan langkah yang strategis untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Program itulah yang dikedepankan oleh Kang H. Ivan Kuntara, ketika melakukan kunjungan langsung kepada masyarakat di desa-desa yang ada di Kabupaten Purwakarta..

Tujuannya selain upaya pelestarian lingkungan, yakni menambah tutupan vegetasi yang dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem, mencegah erosi dan meningkatkan kualitas udara.

Juga bentuk pendidikan lingkungan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menanam pohon dan merawat lingkungan.

Baca Juga:  Pembagian Bibit Tanaman, Wujud Komitmen Ivan Kuntara untuk Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan di Purwakarta

Selain itu, secara nyata memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Dan menghijaukan area-area yang kritis atau mengalami degradasi lingkungan, seperti lahan gundul, bantaran sungai dan area urban.

Dalam kesempatan itu, pemilihan bibit tanaman disesuaikan dengan kondisi iklim dan tanah di daerah setempat. Serta memastikan bibit yang diberikan berkualitas baik, bebas dari hama dan penyakit, serta memiliki potensi tumbuh yang tinggi.

Itulah yang diungkapkan oleh Kang H. Ivan Kuntara, saat hadir di tengah-tengah masyarakat Kampung Ciputat Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari Purwakarta. Dalam rangkaian kegiatan acara Nata Lingkungan, sebagai implementasi dari niat dan itikadnya untuk membangun Purwakarta ke depan yang lebih baik.

Baca Juga:  Perahu Tabrak Tunggul Kayu, Satu Orang Hilang di Waduk Jatiluhur

Menurutnya, manfaat program ini selain dapat meningkatkan keanekaragaman hayati, juga dapat mengurangi emisi karbon dan memperbaiki kualitas tanah dan air.

Kedepannya dapat memberikan manfaat ekonomi jangka panjang bagi masyarakat, dan menjaga lingkungan serta memberikan ruang hijau yang lebih nyaman untuk komunitas.

Dengan pelaksanaan yang baik, program pemberian bibit tanaman ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jauhnya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pembangunan lingkungan yang berkelanjutan.(Adv)

Baca Juga:  Untuk Hindari Kemacetan, Pemudik Bisa Akses Link CCTV Live Streaming Online