Keperluan Mendesak, Infrastruktur PDAM Purwakarta Butuh Peremajaan

Kebocoran pipa PDAM Purwakarta
Kebocoran pipa PDAM Purwakarta (Foto: Ist)

PurwakartaUpdate.com – Kondisi infrastruktur PDAM Purwakarta, terutama pipa-pipa distribusi air sudah memprihatinkan. Bagaikan mobil tua yang sudah renta dan sering mogok, infrastruktur ini terus menerus menimbulkan masalah.

Usia rata-rata pipa-pipa jaringan distribusi air pada BUMD milik Pemda Purwakarta, Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu, sudah lebih dari 35 tahun. Hal ini jauh melebihi batas usia maksimal penggunaan pipa air bersih yang hanya 25 tahun.

Kepala Bagian Perencanaan Dan Pengembangan Teknis Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu Purwakarta, Maha Dewi, mengungkapkan bahwa peremajaan untuk sejumlah infrastruktur PDAM yaitu jaringan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) berstatus sangat mendesak.

Baca Juga:  Yuk Simak! Cara Merawat Bunga Matahari Di Rumah Bagi Pemula

“Sebut saja, SPAM Ubrug Jatiluhur yang dibuat pada tahun 1984. Yaitu, IPA Ubrug yang kondisi infrastrukturnya perlu peremajaan, begitu pula dengan pipa distribusinya yang masih menggunakan pipa ACP yang usia teknisnya sudah usang. Belum lagi SPAM Cilembangsari Bojong yang dibangun pada tahun 1979, usianya lebih dari 40 tahun, harus segera diremajakan,” ujar Maha Dewi, kepada awak media, belum lama ini.

Ia juga mengungkapkan, ada juga infrastruktur jaringan yang terbilang usianya masih muda yaitu SPAM Sadang yang dibangun pada tahuan 2018 lalu. Namun, SPAM tersebut melayani sekitar 18.000 pelanggan di wilayah perkotaan.

Baca Juga:  Lemari Piring Multifungsi, Begini Cara Memilihnya