Komisi II DPRD Purwakarta Telah Menindaklanjuti Keluhan Pelanggan Air PDAM

Anggota Komisi II DPRD Purwakarta saat menerima audiensi warga Perum Dian Anyar dan Perumnas Gandasari terkait keluhan pelanggan air PDAM (Dok. Humas DPRD Purwakarta)
Anggota Komisi II DPRD Purwakarta saat menerima audiensi warga Perum Dian Anyar dan Perumnas Gandasari terkait keluhan pelanggan air PDAM (Dok. Humas DPRD Purwakarta)

PURWAKARTAUPDATE.COM – Komisi II DPRD Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menerima audiensi warga yang mengeluhkan kelangkaan pasokan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Gapura Tirta Rahayu.

Pada hari Senin (22/5/2023) lalu, anggota Komisi II DPRD Purwakarta telah menerima audiensi warga dari Perum Dian Anyar. Sehari kemudian, Selasa (23/5/2023) giliran warga Perumnas Gandasari, Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao juga mengadukan hal yang sama tekait sulitnya mendapatkan pasokan air dari Perumdam Gapura Tirta Rahayu (GTR).

Mereka (warga pelanggan Perumda GTR) diterima di ruangan rapat Gabungan Komisi (Gabkom) gedung DPRD Purwakarta di lantai II.

Kedatangan warga dari Perum Dian Anyar dan Perumnas Gandasari diterima oleh Sekretaris Komisi II DPRD Purwakarta, H. Alaikassalam, SH.I (Ketua Fraksi PKB) didampingi anggota Komisi II lainnya antara lain; Fitri Maryani (F. Gerindra), H. Dedi Sutardi (F. PKS), H. Amas Mastur (F. DPN) dan Agus Sugianto, SE (Ketua Fraksi Berani – gabungan partai Berkarya, PAN dan Hanura).

Baca Juga:  Dedi Mulyadi, Gruduk Galian dan Pertanyaan; Kemana DPRD Kita?

Pada hari kedua, (Selasa-red) pertemuan antara warga Perum Gandasari dan anggota komisi II juga dihadiri manajemen Perumdam GTR yang diwakili oleh Dewan Pengawas Perumdam Gapura Tirta Rahayu, Riana beserta sejumlah pejabat setempat dan pengelola Perumnas Gandasari, Agus Widodo.

“Sekarang kita akan mendengarkan dari anggota Komisi II. Silahkan,” kata Alex-sapaan Sekretaris Komisi II Alaikassalam memberi waktu anggota Komisi II untuk menyampaikan saran dan pendapatnya.

“Tolong bapak dan ibu dicatat janji dari manajemen Perumdam Gapura Tirta Rahayu dan Perumnas Gandasari yang akan menyelesaikan sampai batas waktu yang telah ditentukan dalam rapat ini. Kita akan kawal bapak dan ibu atas persoalan ini. Kalau mereka (Perumdam Gapura Tirta Rahayu dan Perumnas Gandasari) ingkar janji laporkan ke kami,” tegas Fitri Maryani, salah satu anggota Komisi II DPRD Purwakarta.

Baca Juga:  Pengurus Apdesi Datangi Dedung DPRD Purwakarta, Sampaikan Sejumlah Usulan

Setelah dua hari berturut-turut warga mendatangi gedung dewan, pada Rabu (24/5/2023) anggota Komisi II DPRD Purwakarta mengadakan kunjungan kerja ke kantor Perumdam GTR dan inspeksi langsung kelapangan setelah mendapat penjelasan dari pejabat terkait di Perumdam GTR.

Anggota Komisi II DPRD Purwakarta yang mendatangi kantor Perumdam Gapura Tirta Rahayu di Jalan Basuki Rahmat sejak pukul 10.00 hingga pukul 11.45 WIB diterima langsung oleh Direktur Utama Perumda Gapura Tirta Rahayu Dadang Saputra, Direktur Teknik Susanto dan Direktur Keuangan Sartika Tirta Dewi serta didampingi pejabat teknis Perumdam Gapura Tirta Rahayu, Dewan Pengawas Perumdam Gapura Tirta Rahayu, Riana Wangsadiredja.

Baca Juga:  Anggota DPRD Purwakarta Bersitegang Dengan Pekerja Proyek KCJB di Jatiluhur

Sedangkan anggota Komisi II yang melakukan kunjungan ke kantor Perumdam Gapura Tirta Rahayu dipimpin oleh Sekretaris Komisi II DPRD Purwakarta H. Alaikassalam, SH.I, (Ketua Fraksi PKB) dengan anggota Komisi II lainnya diantaranya; Hj. Putriarti Putik, SE, (F. Golkar), Fitri Maryani (F. Gerindra), Dedi Sutardi (F. PKS), Conrad Surawijaya (F. DPN) dan Agus Sugianto (F. Berani)

Dari temuan di lapangan atas kunjungan anggota Komisi II DPRD Purwakarta terlihat pihak Perumdam GTR memang sedang berjibaku berusaha memperbaiki pipa yang bocor dan terputus akibat berbagai faktor di lapangan.

Diperoleh informasi beberapa hari terakhir, sejumlah pelanggan Perumdam GTR sekarang sudah mendapatkan air bersih dari Perumdam GTR, kendati masih ada di sejumlah tempat yang belum teraliri. (Adv)