Inilah Kompetitor Kuat Melawan Petahana di Pilkada Purwakarta 2024 Mendatang

Ilustrasi Pilkada. (Istimewa)

Purwakarta Update | Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta akan habis pada September 2023. Siapakah kompetitor yang kuat untuk bertarung melawan petahana di Pilkada Purwakarta pada 2024 mendatang?.

Sementara itu, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak diagendakan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Nantinya, akan ada kekosongan jabatan yang akan diisi oleh penjabat bupati atau pelaksana tugas kepala daerah selama setahun atau lebih.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Posko Perjuangan Rakyat (DPC Pospera) Kabupaten Purwakarta, Sutisna Sonjaya, menyebut, panjangnya masa kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, secara politik akan merugikan incumbent atau petahana.

Baca Juga:  Golkar Dukung Dedi Mulyadi Maju di Pilgub Jabar 2024

Karena selama masa kekosongan menunggu Pilkada digelar, lanjut dia, petahana tidak bisa memainkan politik anggaran untuk kepentingan pencalonannya di Pilkada yang diagendakan akan digelar secara serentak itu.

“Artinya secara politik atau bahkan mungkin secara logistik, petahana atau incumbent dalam posisi lemah. Mereka juga kemungkinan besar tidak bisa memanfaatkan sumber daya birokrasi dan fasilitas negara lainnya karena ada pelaksana tugas kepala daerah,” tutur Sutisna kepada awak media, Minggu (27/2/2022).

Pertanyaannya, kata Sutisna, adakah kompetitor yang kuat untuk bertarung melawan petahana di Pilkada Purwakarta pada 2024 mendatang? Sejauh ini, Sutisna belum melihat itu, atau setidaknya gerakan-gerakan ke arah itu.

Baca Juga:  Lestarikan Lahan Sawah, Pemkab Purwakarta Berupaya Serius Lindungi LSD